Hamas Beri Janji Tidak akan Sentuh Bantuan untuk Gaza

Palestinian Hamas militants take part in an anti-Israel rally in Gaza City May 22, 2021. REUTERS/Mohammed Salem

Tilongkabilanews – Kelompok Hamas berjanji tidak akan menyentuh sama sekali bantuan internasional untuk membangun kembali Jalur Gaza yang hancur setelah Israel membombardir daerah itu selama 11 hari.

“Saya menegaskan komitmen kami untuk tidak mengambil satu sen pun yang dimaksudkan untuk rekonstruksi dan upaya kemanusiaan,” kata Yahya Sinwar, kepala sayap politik Hamas, dikutip dari Aljazeera, Kamis, 27 Mei 2021.

Yahya Sinwar menjanjikan distribusi bantuan yang transparan dan tidak memihak. Ia membantah pula tuduhan Hamas kerap mengambil bantuan internasional yang ditujukan untuk Jalur Gaza. “Kami tidak pernah mengambil satu sen pun di masa lalu,” tuturnya.

Pernyataan Sinwar datang sehari setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken menjanjikan bantuan negaranya dalam membangun kembali Gaza Selasa kemarin. Namun Blinken menekankan bahwa bantuan itu tidak boleh menguntungkan Hamas.

Teknisnya, Amerika Serikat akan bekerja sama dengan Otoritas Palestina (PA), yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas. Hal ini AS lakukan untuk mengurangi risiko bantuan-bantuan tersebut bakal memperkuat Hamas, yang dianggap sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa.