Nelson Didaulat Serahkan Surat  Remisi bagi 25 Warga Binaan LPP Kelas III Gorontalo  

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo turut hadir dan didaulat menyerahkan menyerakan surat remisi kepada warga binaan LPP Kelas III Gorontalo, Selasa (17/8/2021) di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Gorontalo. (Foto : Diskominfokabgor)

LIMBOTO(Tilongkabilanes.com)-Sebanyak 25 orang  warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Gorontalo, pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 76, Selasa (17/8/2021) mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman.

Pengurangan masa hukuman itu diberikan Kementerian Hukum dan HAM kepad 25 warga binaan dari total 56 warga binaan di LPP Kelas III Gorontalo.

Penyerahan remisi atau pengurangan hukuman bagi 25 warga binaan tersebut, turut dihadiri Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo . Bahkan pada kesempatan itu, Bupati Nelson didaulat untuk menyerakan surat remisi kepada warga binaan LPP Kelas III Gorontalo.

‘’Remisi umumnya diberikan kepada warga binaan berkaitan dengan Hari Kemerdekaan RI atau Hari Raya Keagamaan . Pemberian remisi dilihat dari prestasi warga binaan itu sendiri,’’ujar Nelson kepada wartawan usai menyerahkan remisi kepada warga binaan LPP Kelas III Gorontalo.

Lanjut Nelson semakin cepat warga binaan keluar dari lapas, tentu  perlu didorong para warga binaan  yang baru keluar itu seperti yang dilakukan sesuai fungsi LPP Kelas III Gorontalo.

Nelson menambahakan,Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo menyampaikan apresiasi kepada LPP Kelas III Gorontalo, terhadap pembinaan masyarakat yang menjadi pioner dalam membangun daerah maupun negara.

‘’ Pemkab Gorontalo akan memperhatikan warga binaan LPP Kelas III Gorontalo dalam hal memberikan pekerjaan bagi mereka narapidana yang akan keluar,’’tutur Nelson.

Pada kesempatan itu, Nelson berharap LPP Kelas III Gorontalo  agar memberitahukan kepada Pemkab Gorontalo, setiap ada narapidana yang keluar, sehingg hal itu menjadi perhatian,baik prestasi maupun perilaku narapidana, termasuk warga binaan anak-anak. Pasalnya  anak adalah masa depan bangsa dan daerah

Kepala Lapas  Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Gorontalo, Nur Afiril Utami menambahkan pemberian remisi kepada warga binaan ini adalah suatu proses penghargaan dan prestasi.

“ Tujuan pemberian remisi di dalam sistem pemasyarakatan ini sebagai upaya pemenuhan hak narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Gorontalo”ujar Nur Afiril.

Nur Afiril menerangkan lebih jauh, remisi ini diberikan sesuai aturannya, yaitu PP 32 Tahun 1999 dan Permenkumham No 3 Tahun 2018.  Kedua regulasi tersebut diterbitkan terkait pemberian remisi kepada warga binaan.

Menurut Nur Afiril untuk mendapatkan remisi ini bukan hal mudah, melainkan para binaan harus memenuhi persyaratan yang berlaku.

‘’Syarat yang harus dipenuhi warga binaan tersebut, yaitu berperilaku baik selama menjalani hukuman dan memiliki prestasi. Misalnya mengisi setiap kegiatan yang dilakukan di Lapas. Selain itu perilakunya pun baik, yaitu melaksanakan kegiatan ibadah atau keagamaan,’’jelas Nur Afiril.

Nur Afiril menambahkan, dia berharap warga binaan LPP Kelas III Gorontalo yang mendapatkan remisi ini agar terus meningkatkan apa yang mereka dapatkan selama berada di Lapas. (Diskominfokabgor/Anis).